Metabolisme pada hewan

Biokimia Harper Glukoneogenesis dari bahan protein. Hidroksietil tiamin difosfat akan bertemu dengan lipoamid teroksidasi, suatu kelompok prostetik dihidroksilipoil transasetilase untuk membentuk asetil lipoamid, selanjutnya TDP lepas. Biokimia Harper Selama proses oksidasi asetil KoA di dalam siklus, akan terbentuk ekuivalen pereduksi dalam bentuk hidrogen atau elektron sebagai hasil kegiatan enzim dehidrogenase spesifik.

Wahid Priyono, S. Tahap reaksi berikutnya adalah pembentukan glukosa dari glukosa 6-fosfat. Proses pembentukan zat terjadi pada proses fotosintesiskemosintesis, sintesis lemak, dan sintesis protein. Proses ini disebut detoksifikasi.

Reaksi terang adalah reaksi yang berlangsung karena bantuan cahaya matahari. Wirahadikusumah M.

Proses Metabolisme pada Tumbuhan (Fisiologis Tumbuhan)

Contoh serangga adalah jangkrik, kupu-kupu, belalang, nyamuk, lalat, semut, laron, kecoak. Dengan pemutusan cabang tersebut, maka kerja enzim fosforilase selanjutnya dapat berlangsung. Perubahan suhu air akan mempengaruhi lambatnya proses laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan mempengaruhi nafsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air.

Beberapa adaptasi hewan untuk mengurangi kehilangan panas, misalnya adanya bulu dan rambut pada burung dan mamalia, otot, dan modifikasi sistim sirkulasi di bagian kulit.

Sebuah proses utama metabolisme adalah respirasi seluler, dimana gula glukosa dan bahan organic lainnya di rombak menjadi karbodioksida dan air.

Konveksi adalah suatu perambatan panas melalui aliran cairan atau gas Martini, Hidrolisis pirofosfat inorganic berikutnya oleh enzim pirofosfatase inorganik akan menarik reaksi kea rah kanan persamaan reaksi 5. Prioses ini membutuhkan energi.

Suhu tubuh tergantung pada neraca keseimbangan antara panas yang diproduksi atau diabsorbsi dengan panas yang hilang. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.

Gajah di daerah tropis untuk menurunkan suhu tubuh dengan cara mandi atau mengipaskan daun telinga ke tubuh Guyton, Proses kopling kemiosmotik menghasilkan kombinasi gradien pH dan potensial listrik di sepanjang membran ini yang disebut gaya gerak proton. Metabolisme disebut juga reaksi enzimatis, karena metabolisme terjadi selalu menggunakan katalisator enzim.

Karena protein di dalam tubuh secara terus menerus diganti protein turnover.

Tiga molekul NADH, menghasilkan: Substrat untuk glukoneogenesis adalah: Untuk memutuskan ikatan glukosa satu demi satu dari glikogen diperlukan enzim 4.

Proses tersebut ialah proses penguraian makanan yang dikonsumsi oleh semua mahluk hidup. Selanjutnya piruvat bereaksi dengan CO 2 menghasilkan asam oksalasetat. Bagian pertama meliputi tahap reaksi enzim yang memerlukan ATP, yaitu tahap reaksi dari glukosa sampai dengan pembentukan fruktosa 6-fosfat.

Suhu air akan mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan nafsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air. Contoh Fotosintesis 2. Katabolisme - rincian dari molekul untuk mendapatkan energi 2.

Enzim bekerja dengan cara menempel pada permukaan molekul zat — zat yang bereaksi, dan dengan demikian dapat mempercepat proses reaksi. Berbeda dengan reaksi pembentukan glikogen, reaksi ini tidak melibatkan UDP-glukosa, dan enzimnya adalah glikogen fosforilase.

Lipid terpecah menjadi komponen penyusunnya yaitu asam lemak dan gliserol.Pada hewan memamah biak, asam propionat merupakan bahan utama untuk glukoneogenesis. Jalur yang dipakai dalam glukoneogenesis adalah modifikasi dan adaptasi dari jalur Embden-Meyerhof dan siklus asam sitrat.

Metabolisme adalah segala proses resksi kimia yang terjadi di dalam mahluk hidup mulai mulai dari mahluk bersel satu yang sangat sederhana seperti bakteri, protozoa, jamur, tumbuhan, hewan, sampai kepada manusia, mahluk yang susunan tubuhnya sangat kompleks.

Di dalam proses ini mahluk hidup mendapat, mengubah, dan memakai senyawa kimia dari sekitarnya untuk mempertahankan. · METABOLISME HEWAN. BAB 1 PENDAHULUAN Latar Belakang Metabolisme sel adalah proses-proses pengubahan biokamis yang terjadi di dalam sel dan dapat di bedakan menjadi anabolisme atau penyusunan dan katabolisme atau penguraian.

Pengukuran metabolisme energi adalah pengukuran panas yang diproduksi oleh seekor hewan. Pada praktikum kali ini, metabolism hewan diukur dalam keadaan basal. Metabolisme basal adalah istilah untuk menunjukan jumlah keseluruhan aktivitas metabolisme dengan tubuh dalam keadaan istirahat, di tempat tidur, tidak terganggu oleh apapun, dengan pemasukan oksigen dan pengeluaran.

Hasil akhir proses ini terbentuknya 32 ATP dan H2O sebagai hasil sampingan respirasi. Produk sampingan respirasi tersebut pada akhirnya dibuang ke luar tubuh, pada tumbuhan melalui stomata dan melalui paru-paru pada pernapasan hewan tingkat tinggi (Campbell, ).

Pada setiap arah metabolisme, reaksi kimiawi melibatkan sejumlah substrat yang bereaksi dengan dikatalisis enzim pada jenjang-jenjang reaksi guna menghasilkan senyawa intermediat, yang merupakan substrat pada jenjang reaksi berikutnya.

Metabolisme pada hewan
Rated 3/5 based on 16 review