Diet pasien sle

Gangguan integritas kulit berhubungan dengan perubahan status metabolik neuropati perifer. Selain itu dapat pula terjadi vaskulitis, perforasi usus, pankreatitis, dan hepatosplenomegali Delafuente, Darah juga mengangkut bahan bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni.

Saat ini, pengobatan standar pada pasien SLE adalah menggunakan obat yang bersifat menekan kekebalan tubuh agar tidak berlebihan. Diagnosa Keperawatan 1. Sel T akan teraktivasi dan mengeluarkan sitokin yang dapat merangsang sel B untuk membentuk autoantibodi yang patogen.

Intoleransi aktivitas berhubungan dengan peningkatan aktivitas penyakit, rasa nyeri, depresi. Setelah pemberian terapi maka penyakit tidak lagi aktif sehingga jumlah ANA diperkirakan menurun. McEvoy, Alvina Widhani, SpPD-KAI kemudian melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui bahwa pemberian suplementasi sinbiotik sebagai terapi tambahan dapat memperbaiki komposisi dan fungsi bakteri di usus.

Ada berita dari Jerman yang menyatakan sekelompok peneliti mencurigai ada suatu enzim dalam sel yang bertugas menghancurkan DNA dari sel yang sudah mati, tetapi enzim ini tidak bekerja normal, sehingga DNA tersebut tidak habis, tetapi sisa-sisa hancuran DNA masih ada.

Reaksi sistem imunitas bisa mengenai berbagai sistem organ tubuh seperti jaringan kulit, otot, tulang, ginjal, sistem saraf, sistem kardiovaskuler, paru-paru, lapisan pada paru-paru, hati, sistem pencernaan, mata, otak, maupun pembuluh darah dan sel-sel darah.

Timbang berat badan setiap hari atau sesuai dengan indikasi. Hormon ini kembali aktif diproduksi pada usia 7 tahun, mencapai puncak pada usia 30 tahun, dan menurun seiring bertambahnya usia.

Untuk herpes zoster dapat diatasi dengan pemberian antivirus asiklovir atau vidarabin secara oral mg lima kali sehari selama 5—7 hari. Asuhan keperawata yang terdiri dari: Jika menyerang tulang, seluruhnya sakit, berbaring posisi apa pun sakit.

Antigen ini dibawa oleh antigen presenting cells APCs atau berikatan dengan antibodi pada permukaan sel B.

askep LUPUS berdasarkan nanda nic noc “skenario kasus “

Hormon-hormon dari system endokrin juga diedarkan melalui darah. Hal ini disebabkan oleh manifestasi penyakit yang sering terlambat diketahui sehingga berakibat pada pemberian terapi yang inadekuat, penurunan kualitas pelayanan, dan peningkatan masalah yang dihadapi oleh penderita SLE.

Catat perilaku menarik diri: Gangguan imunoregulasi ini ditimbulkan oleh kombinasi antara faktor-faktor genetik, hormonal sebagaimana terbukti oleh awitan penyakit yang biasanya terjadi selama usia reproduktif dan lingkungan cahaya matahari, luka bakar termal.

Bantu klien dalam mengidentifikasi factor pencetus. Berdasarkan profil sitokin sel T dibagi menjadi 2 yaitu Th1 dan Th2. Terapi pada SLE didasarkan pada kesesuaian obat, toleransi pasien terhadap efek samping yang timbul, frekuensi pemberian, dan biaya. Pada SLE, peningkatan produksi autoantibodi diperkirakan terjadi akibat fungsi sel T-supresor yang abnormal sehingga timbul penumpukan kompleks imun dan kerusakan jaringan.

Tujuan Penulisan Untuk mengetahui dan dapat memahami penjabaran tentang penyakit lupus. · Pasien SLE cenderung mudah mendapat infeksi dan kadang-kadang penyakit ini kambuh setelah infeksi. 7. Stres. Stres berat dapat mencetuskan SLE pada pasien yang sudah memiliki kecendrungan akan · Diet sesuai kelainan.

· Sekitar 10% – 20% pasien SLE mempunyai kerabat dekat (first degree relative) yang menderita SLE. Angka kejadian SLE pada saudara kembar identik (%) Tidak ada diet yang spesifik untuk penderita SLE (Delafuente, ).

Lupus Eritematosus Sistemik atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) merupakan penyakit autoimun kronik yang dapat menyerang berbagai organ, mulai dari sendi, kulit, sel darah, ginjal hingga saraf.

Penyakit autoimun merupakan. · Diet Restriksi diet ditentukan oleh terapi yang diberikan.

Suplementasi Sinbiotik pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik

matahari (waterproof sunblock) setiap 2 jam. Lampu fluorescence juga dapat meningkatkan timbulnya lesi kulit pada pasien SLE. BAB II ASUHAN KEPERAWATAN. A. Pengkajian. · Pengertian.

Asuhan Keperawatan SLE

Dalamilmukedokteranpenyakit Lupus dikenalsebagai Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Atausebagaipenyakitdengankekebalantubuhberlebihan (Autoimmune disease),dalamilmuimmunologitentangkekebalantubuh, penyakit Lupus.

· Keluhan umum pasien DM seperti poliuria, Tentukan program diet dan pola makan pasien dan bandingkan dengan makanan yang dapat dihabiskan pasien. Auskultasi bising usus, catat adanya nyeri abdomen / perut kembung, mual.

Diet pasien sle
Rated 0/5 based on 57 review